SEKILAS TENTANG SMA PANGUDI LUHUR YOGYAKARTA
SMA Pangudi Luhur Yogyakarta yang terletak di pusat kota yogyakarta ini, semula adalah sekolah guru A [Atas:dipersiapkan menjadi guru SMP] khusus putra yang didirikan oleh para imam jesuit pada bulan april 1942. Namun pada tanggal 9 agustus 1952 sekolah ini diserahkan kepada bruder FIC yang kemudian menempati gedung milik bruder-bruder FIC di Jln. senopati 16, dan pada tahun 1965 secara resmi dikelola oleh yayasan pangudi luhur milik para bruder FIC.
Tahun 1973 SGAK ini kemudian berubah menjadi SPG dan menerima siswa putri. Setelah perjalanan panjang dilalui, karena perubahan kurikulum yang terjadi tahun 1989, maka pada tahun tersebut SPG berubah menjadi SMA setelah dua tahun sebelumnya gedung sekolah pindah ke Jln. Senopati no 18 [ hingga kini ].
Seperti bayi yang baru lahir, SMA Pangudi Luhur memulai kehidupan baru sebagai sebuah SMA di tahun tersebut. Namun berkat usaha keras dari orang-orang yang terlibat di dalamnya, kini SMA Pangudi Luhur sudah mengalami banyak kemajuan yang cukup pesat terutama dari segi fasilitas dan perkembangan cukup pesat terutama dari segi fasilitas dan perkembangan sumber daya manusia di dalamnya. Sehingga tidak heran jika di tahun 2005 SMA menerima akreditasi dengan nilai A.
Dibawah pengelolaan para Bruder FIC, SMA Pangudi Luhur sungguh bertumbuh menjadi sekolah yang mengunggulkan nilai-nilai kehidupan dalam setiap ilmu yang ditawarkan. Sehingga setiap pribadi yang ada didalamnya akan bertumbuh dalam kesadaran bahwa melalui ilmu pengetahuan hidupku akan kubaktikan bagi tuhan dan sesama.
VISI
SMA Pangudi Luhur Jogja merupakan tempat mewujudkan komunitas iman dengan cara menempatkan Yesus Kristus Sang Guru sejati sebagai pusat hidup dalam upaya membangun persaudaraan sejati serta menanggung karya bersama dalam pendampingan kaum muda menuju PRIBADI dewasa, beriman, berpengetahuan, terampil, bermartabat, berbudi pekerti luhur, dan terbuka menghadapi tantangan zaman.
MISI
Membantu, mendampingi siswa menemukan potensi yang dimiliki untuk dikembangkan secara optimal serta melatih siswa mandiri, bertanggung jawab, bermartabat, dan berbudi pekerti luhur, menghargai, menghormati, sesamanya dan menerima diri sebagai pribadi yang unik sehingga menjadi pribadi dewasa.
0 Comments:
Post a Comment